POWR Pacu Pengembangan EBT

Public News|May 07, 2021

Jakarta, 7 Mei 2021 - PT Cikarang Listrindo Tbk terus melakukan pengembangan kapasitas pada pembangkit milik Perseroan seiring dengan tren energi baru terbarukan atau EBT yang terus berkembang baik secara nasional maupun global.

Adapun, dimulai pada 2018, Perseroan melakukan proyek percontohan atau pilot project pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap sebesar 52,5 kilowatt peak (kWp) yang  dipasangkan di atap kantor operasional Perseroan di Jababeka.

Keberhasilan atas pilot project tersebut dilanjutkan pada 2019, mengingat Perseroan mulai mengkomersialkan opsi penggunaan sumber listrik PLTS atap tersebut kepada pelanggannya.

Selanjutnya, pada sepanjang periode Januari-April 2021, Emiten dengan kode saham POWR tersebut berhasil melakukan penambahan kapasitas PLTS atap sebesar 420 kWp pada atap pabrik manufaktur milik pelanggan. Tren ini diharapkan makin meningkat sehingga Perseroan mampu mencapai target kapasitas yang ditetapkan sebesar 10 megawatt peak (MWp).

“Hal ini juga merupakan wujud dukungan Perseroan terhadap pemerintah dalam mewujudkan target bauran energi baru dan terbarukan,” tulis manajemen POWR dalam keterangan resmi, Kamis (6/5).

Selain PLTS atap, sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan energi terbarukan, POWR juga tengah mengusahakan penerapan energi biomassa melalui boiler circulating fluidized bed (CFB) yang digunakan Perseroan di pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Babelan.

Sejak tahun 2019, Perseroan mulai melakukan tahapan uji coba dengan menggunakan 1.089 ton cangkang sawit sebagai bahan bakar biomassa pengganti batu bara atau setara dengan 1.635 megawatt hour (MWh) tenaga listrik.

Pengembangan tersebut terus berlanjut dan pada tahun ini, Perseroan melakukan penjajakan penggunaan wood chips sebagai alternatif biomassa lainnya.

Adapun, teknologi CFB yang dimiliki Cikarang Listrindo ini dipasok oleh Valmet, sebuah perusahaan boiler terkemuka dunia yang berdomisili di Finlandia.

Teknologi ini memberikan tingkat efisiensi tinggi dan menghasilkan emisi rendah yang memungkinkan Perseroan menggunakan bahan bakar alternatif biomassa pengganti batu bara.

Teknologi ini telah banyak diaplikasikan dan dioperasikan oleh Valmet di banyak negara seperti di Finlandia, Jepang, dan lainnya. “Perseroan berkomitmen secara bertahap akan meningkatkan penggunaan biomassa sampai dengan 20% dari kapasitas boiler CFB pada tahun 2025,” lanjut manajemen.

Adapun, Cikarang Listrindo saat ini melayani lebih dari 2.400 pelanggan industri di lima kawasan industri  di daerah Cikarang dan juga memasok listrik kepada PT PLN (Persero) sejak 1996.

Kapasitas Perseroan terkini sebesar 1.144MW yang membuat POWR tercatat sebagai salah satu perusahaan listrik berkapasitas terbesar di Indonesia. 

Sumber: Bisnis Indonesia